Pertandingan babak penyisihan kategori putra Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua sudah berakhir. Di pertandingan terakhir, Jawa Tengah menang 88-82 atas DKI Jakarta, di Mimika Sports Complex, Rabu malam, waktu setempat. Dengan hasil tersebut maka komposisi semifinal sudah lengkap. DKI Jakarta akan berhadapan dengan Jawa Timur, sementara Sulawesi Utara akan bertanding melawan Jawa Tengah.

Jateng langsung tancap gas sejak kuarter pertama. Tuntutan harus menang membuat anak asuh Xaverius Wiwid tidak mau membuang setiap kesempatan mencetak poin. Three point play Rizky Andru Abdillah membuat Jateng unggul 53-35 saat babak pertama usai.

DKI Jakarta bangkit di kuarter ketiga. Mereka mencetak 31 poin. Patrick Nikolas dan Aldy Izzatur Rachman tak terbendung. DKI Jakarta menyusul 66-70 di akhir kuarter ketiga. Tripoin Ali Bagir sebelum buzzer membangkitkan mental tim asuhan Tondi Raja Syailendra tersebut. Namun Jateng tak tinggal diam, mereka bisa mempertahankan keunggulan di kuarter keempat.

Habib Titoaji lagi-lagi jadi aktor utama kemenangan Jateng dengan catatan 20 poin dan 13 rebound. Bryan Adha Elang Praditya mencetak 12 poin dan 12 rebound, sebelum keluar karena foul-out di menit-menit akhir kuarter keempat. Sementara Mario Davidson menyumbang 15 poin, disusul Tifan Eka Pradita (14 poin), dan Ramdhan Yudha Yuwana (11 poin).

Di kubu DKI Jakarta, Stanlie mencetak 14 poin. Aldy menambahkan 13 poin. Dari bangku cadangan Patrick Nikolas menyumbang 16 poin, diikuti Yesaya Saudale dengan torehan 12 poin. Sementara Ali Bagir menyumbang 9 poin dan 13 rebound. Meski kalah DKI Jakarta tetap lolos karena keunggulan selisih poin.

Menurut peraturan pelaksanaan pertandingan PON XX Papua, apabila ada lebih dari dua tim dalam satu grup memiliki poin yang sama, maka penentuan peringkat dilihat dari selisih poin (goal difference), dari tim yang memiliki poin sama. Caranya dengan menghitung selisih poin memasukkan dikurangi poin yang masuk.

Setelah dihitung, maka DKI Jakarta punya keunggulan +21 poin. Mereka lolos ke semifinal sebagai juara grup. Sementara Jateng setelah menang melawan DKI Jakarta, mereka punya keuntungan +1. Sedangkan Jawa Barat harus tersingkir dari PON XX karena setelah dihitung selisih poin, ternyata mereka -22. Dengan begitu maka Jateng yang melaju ke semifinal sebagai runner-up.

Semifinal PON XX Papua akan diselenggarakan pada Kamis, 7 Oktober 2021. DKI Jakarta akan berhadapan dengan Jawa Timur. Di sisi lain, Sulawesi Utara sebagai juara Grup B akan berhadapan dengan Jawa Tengah. (tor)

Foto: Hariyanto

 

Populer

Luka Doncic Merasa Tidak Enak dengan Kyrie Irving
Timberwolves vs Suns 4-0, KD dan Ant-Man Saling Lempar Pujian
Frank Vogel Berlindung Di Balik Nama Mat Ishbia
Nuggets Singkirkan Lakers
LeBron James Tidak Ingin Menyerah Begitu Saja dari Nuggets
Kondisi Zion Williamson Membaik, Tapi Pelicans Sudah Tertinggal 0-3 dari Thunder
Pelajaran yang Dipetik Nikola Jokic dari Pacuan Kuda
Thunder Istimewa! Sapu Pelicans 4-0 di Playoff Putaran Pertama
Pelatih Timberwolves Chris Finch Cedera Lutut Usai Ditabrak Mike Conley
Era Keemasan Thunder Kembali, Mark Daigneault Jadi Pelatih Terbaik Tahun Ini