IBL

Kepala pelatih Indiana Pacers Rick Carlisle membuat analogi yang unik untuk menggambarkan timnya di Final Wilayah Timur tahun ini. Dia menyebut Pacers sebagai "tamu tak diundang", dari empat tim yang melaju ke final konferensi NBA 2024. Menurut Carlisle, layaknya seorang tamu tak diundang, Pacers tidak tahu bagaimana harus bersikap dalam sebuah acara besar. 

Pacers bertahan dari gempuran Boston Celtics di Gim 1 dan menempatkan diri pada posisi unggul berkali-kali. Namun pada akhirnya mereka kalah 128-133 di perpanjangan waktu, lantaran kesalahan sendiri di momen-momen penting. Pada pertandingan hari Selasa (21/5) waktu Amerika Serikat, Pacers melakukan 22 kali turnover. 

Dua dari tiga turnovers yang dibuat oleh Tyrese Haliburton tercipta saat pertandingan masih dalam keadaan seimbang. Inilah yang membuat Haliburton merasa bersalah. 

"Dan, menurutku kemarin, sejujurnya, hal itu menyedihkan terjadi, tapi itu baik untukku. Ini benar-benar salah satu pertandingan playoff pertama yang membuat saya benar-benar merasa, 'Wah, saya gagal, selesai. Itu ada pada saya.' Jadi, ada baiknya untuk belajar. Saya berusia 24 tahun. Saya mempunyai banyak waktu, namun saya sedang mencoba untuk menang saat ini, jadi saya hanya mencoba untuk belajar setiap hari, belajar dari setiap pertandingan."

Baca juga: Tyrese Haliburton Ikut Bertanggung Jawab Atas Kekalahan Pacers

Menurut analisa Eric Nehm, penulis senior The Athletic, cara termudah bagi Pacers yang menyebut diri mereka sebagai "tamu tak diundang" untuk menempatkan diri pada posisi yang tepat dalam menghadapi Celtics adalah menjaga bola. Celtics adalah tim yang berkelas musim ini, mendominasi lawan dalam menyerang dan bertahan. Dipimpin oleh anggota Tim All-Defensive meliputi Jrue Holiday dan Derrick White, pertahanan Celtics dibangun di atas fondasi pertahanan titik serangan yang elit dan serbaguna.

Namun meski poin kemasukan Celtics menempati peringkat ketiga dari bawah per 100 possession, menurut Cleaning the Glass, mereka tidak memaksakan lawan melakukan banyak turnover. Lawan mereka hanya menguasai 12,3 persen possession. Hanya ada tiga contoh di musim reguler di mana lawan Celtics membalikkan bola sebanyak 20 kali atau lebih, dengan Minnesota Timberwolves melakukan 23 turnover tertinggi musim ini dalam kemenangan perpanjangan waktu pada 6 November 2023.

"Sebagai sebuah tim, mereka tidak banyak mengubah posisi orang dalam bertahan. Tapi mereka sangat solid," kata garda Pacers, TJ McConnell, kepada The Athletic. "Jadi saya pikir, kekalahan ini terjadi mungkin karena kecerobohan kami. Tentu saja, dari cara kami bermain, kami akan mengalami turnover, namun 22 kali itu terlalu banyak. Jadi kami harus melihat video, melihat di mana kami bisa memperbaiki kesalahan." 

Menurut pengakuan Carlisle, setelah menonton rekaman Gim 1 dan mencatat setiap turnover, dia dan staf pelatih Pacers menyadari hal yang mengejutkan. "Kami melakukan 22 turnover. Tujuh belas dari 22 turnover tersebut terjadi saat waktu masih tersisa 15 detik," ucap Carlisle. "Ketika waktu menunjukkan 15 detik, kami mendapat kesempatan untuk terus menguasai penguasaan bola dan terus berusaha mempersulit mereka. Tapi ketika mereka tidak kesulitan, maka pemain kami yang kebingungan. Jadi banyak sekali turnover yang terjadi, dan hal tersebut bisa diperbaiki."

Masih dari analisa Eric Nehm, Tyrese Haliburton bukan satu-satunya pemain yang harus menjadi "kambing hitam" dari kekalahan Gim 1. Sebab, misalnya saja, Pacers tampil bagus di awal penguasaan bola di kuarter keempat, namun penyerang Obi Toppin kehilangan kesabarannya dan memaksakan drive ke arah Jayson Tatum yang menghasilkan turnover saat waktu tersisa 10 detik. Maka kesimpulannya, Pacers kemungkinan bisa mengalahkan Celtics tidak hanya dengan penguasaan bola yang bagus, tetapi mereka harus lebih cerdas dalam melakukan serangan. (*)

Foto: nba.com

Komentar