Duel tim yang banyak dihuni pemain muda, San Antonio Spurs dan Oklahoma City Thunder tersaji Selasa, 12 Januari 2021, waktu setempat. Mengambil tempat di Chesapeake Energy Arena, Oklahoma City, Oklahoma, Amerika Serikat, gim sempat berlangsung seru di kuarter pertama. Namun, Spurs membuka jarak di kuarter dua. Jarak delapan poin ini tak terkejar lagi oleh Thunder hingga Spurs membawa pulang kemenangan dengan skor akhir 112-102.

Menilik statistik kedua tim, secara akurasi bisa dibilang tidak banyak yang berbeda. Namun, perbedaan besar tersaji saat melihat akurasi tembakan gratis dan turnover. Spurs yang memiliki 22 kesempatan tembakan gratis hanya gagal dua kali (91 persen). Sedangkan Thunder yang mencoba 29 kali hanya memasukkan 23 di antaranya (79 persen).

Perbedaan lebih besar tersaji di turnover. Spurs tampil sangat disiplin di gim ini dengan hanya membuat empat turnover sepanjang gim. Berbanding jauh dari Thunder yang membuat 13 turnover. Hebatnya lagi, Spurs berhasil mengubah 13 turnover Thunder menjadi 26 poin, atau setara dengan dua poin per turnover yang bisa diartikan juga setiap turnover Thunder berujung pada field goal.

Tiga pemain muda Spurs tampil solid. Lonnie Walker IV jadi top skor gim dengan 24 poin hasil dari 7/15 tembakan (47 persen). Keldon Johsnon menyusul dengan 18 poin dan 7 rebound sementara Dejounte Murray menambahkan 16 poin, 5 rebound, dan 7 asis.

Duo veteran, LaMarcus Aldridge dan Patty Mills mengawal pemain muda ini dengan baik. Aldridge dobel-dobel 13 poin, 10 rebound, dan 6 asis sedangkan Mills membukukan 17 poin dan 5 asis dari bangku cadangan. Satu veteran lain, Rudy Gay, menutup daftar pencetak angka digit ganda dengan 12 poin plus 6 rebound.

Dari Thunder, Shai Gilgeous-Alexander masih jadi tumpuan tim. Selama 33 menit di lapangan, pemain dengan akronim SGA ini mencetak 20 poin dan 9 rebound. Hamidou Diallo yang memulai gim dari bangku cadangan menambahkan 16 poin. Luguentz Dort, Darius Bazley, dan George Hill masing-masing menambahkan 12 poin sedangkan Al Horford mencetak 10 poin plus 7 rebound.

Ini adalah kemenangan keenam Spurs dari 11 gim. Namun, dalam lima gim terakhir di mana semuanya dimainkan di kandang lawan, Spurs berhasil meraih empat kemenangan. Spurs kini merangsek ke zona playoff klasemen semnetara Wilayah Barat dengan catatan tersebut. Sebaliknya untuk Thunder, kekalahan ini memutus tiga kemenangan beruntun mereka. Secara keseluruhan, Thunder menorehkan persentase kemenangan 50 persen dari 10 gim.

Thunder masih akan bertahan di kandang untuk menjamu Los Angeles Lakers, esok hari. Sedangkan Spurs baru bermain sehari setelahnya melawan Houston Rockets di AT&T  Center, San Antonio, Texas, Amerika Serikat. (DRMK)

Foto: NBA

Populer

Luka Doncic Merasa Tidak Enak dengan Kyrie Irving
Timberwolves vs Suns 4-0, KD dan Ant-Man Saling Lempar Pujian
Frank Vogel Berlindung Di Balik Nama Mat Ishbia
LeBron James Tidak Ingin Menyerah Begitu Saja dari Nuggets
Kondisi Zion Williamson Membaik, Tapi Pelicans Sudah Tertinggal 0-3 dari Thunder
Pelajaran yang Dipetik Nikola Jokic dari Pacuan Kuda
Pelatih Timberwolves Chris Finch Cedera Lutut Usai Ditabrak Mike Conley
Era Keemasan Thunder Kembali, Mark Daigneault Jadi Pelatih Terbaik Tahun Ini
Timberwolves Sapu Bersih Suns
Lakers Memperpanjang Nafas