Presiden Asosiasi Pemain NBA (NBPA) Chris Paul merasa senang karena para pemain kini sudah sadar tentang pentingnya mengikuti pemungutan suara. Pemain Oklahoma City Thunder tersebut memastikan 90 persen pemain di liga sudah terdaftar untuk mengikuti pemilihan umum (pemilu) Presiden Amerika Serikat 2020 yang akan berlangsung 3 November nanti.

Chris Paul yang bergabung dengan siaran langsung ABC sebelum Gim 3 Final NBA 2020 memberikan informasi tentang upaya para pemain meningkatkan kesadaran dan menciptakan perubahan untuk keadilan sosial. Mereka juga aktif menyuarakan soal pemilu. Bahkan di kaus pemanasan tim, tertulis kata "VOTE" dengan font yang besar dan terlihat jelas. Paul juga gembira karena sebagian besar pemain NBA kini sudah bersedia mengikuti pemungutan suara.

"Saya sangat bangga untuk mengumumkan bahwa lebih dari 90 persen pemain di liga terdaftar untuk melakukan pemungutan suara. Lima belas tim bahkan sudah seratus persen," kata Paul, seperti dikutip dari Yahoo!Sports.

Paul punya alasan khusus mengapa dirinya sangat gembira. Dari data yang dikeluarkan NBC Sports, sebanyak 79 persen anggota NBA sebenarnya terdaftar dalam pemilu tahun 2014 lalu. Namun hanya 20 persen yang bersedia melakukan pemungutan suara. Inilah bukti bahwa pemain NBA hampir tidak perduli dengan kondisi yang terjadi di negaranya sendiri.

"Gelembung ini telah menjadi berkah luar biasa. Para pemain terus bisa tampil bermain. Tetapi mereka juga lebih peduli dengan situasi negara, terutama tentang pemungutan suara," ujar Chris Paul, di laman NBC Sports.

Kini para pemain fokus pada isu pemungutan suara. LeBron James juga selalu menyuarakan hal tersebut setelah pertandingan selesai. Dia meminta pemain untuk sedikit meluangkan waktunya, dan memberikan suaranya dalam pemilihan presiden. James membuat organisasi yang diberi nama "More Than a Vote". Organisasi tersebut mendaftarkan 10 ribu orang untuk pemungutan suara nanti, yang terdiri dari atlet dan artis terkemuka.

Rakyat Amerika Serikat akan menggelar pemilu presiden ke-59 pada 3 November mendatang. Dua orang yang mencalonkan diri yaitu Donald Trump dari Partai Republik, dan Joe Biden dari Partai Demokrat. (tor)

Foto: ESPN

Populer

Luka Doncic Merasa Tidak Enak dengan Kyrie Irving
Timberwolves vs Suns 4-0, KD dan Ant-Man Saling Lempar Pujian
Frank Vogel Berlindung Di Balik Nama Mat Ishbia
LeBron James Tidak Ingin Menyerah Begitu Saja dari Nuggets
Kondisi Zion Williamson Membaik, Tapi Pelicans Sudah Tertinggal 0-3 dari Thunder
Pelajaran yang Dipetik Nikola Jokic dari Pacuan Kuda
Pelatih Timberwolves Chris Finch Cedera Lutut Usai Ditabrak Mike Conley
Era Keemasan Thunder Kembali, Mark Daigneault Jadi Pelatih Terbaik Tahun Ini
Timberwolves Sapu Bersih Suns
Lakers Memperpanjang Nafas