Setelah melalui beberapa kali wacana dan banyak rapat virtual, sedikit kabar tentang kelanjutan NBA 2019-2020 akhirnya muncul ke permukaan. Adalah Shams Charania, kontributor senior The Athletic yang mengungkapkan bahwa komisaris NBA, Adam Silver, telah memberi tahu segenap jajaran petinggi NBA bahwa 31 Juli 2020 adalah target tanggal musim 2019-2020 kembali.

Besar peluang bahwa ini adalah target terakhir atau tidak mungkin lagi NBA melanjutkan musim 2019-2020 melebihi tanggal ini. Jauh sebelum kabar ini, ESPN sudah sempat menyampaikan bahwa efek dari hiatus NBA musim ini adalah mundurnya waktu penyelenggaran musim 2020-2021. Targetnya, musim depan akan dimulai bertepatan dengan hari natal, yang artinya enam bulan dari target kelanjutan musim 2019-2020.

Kembali ke laporan Shams, NBA memiliki empat model kompetisi untuk melanjutkan musim ini. Opsi pertama diikuti oleh 16 tim yang berarti NBA langsung melanjutkan musim ke babak playoff. Kemudian opsi kedua diikuti oleh 20 tim, dengan menggunakan babak grup untuk menentukan kelolosan ke playoff.

Opsi ketiga melibatkan 22 tim yang nantinya bertarung dalam format turnamen untuk menentukan status peringkat unggulan ke playoff. Sementara yang terakhir, seluruh tim akan kembali bermain untuk menyentuh 72 gim musim reguler yang lantas dilanjutkan dengan turnamen untuk menentukan peringkat unggulan playoff.

Shams juga mengabarkan bahwa pemilik Charlotte Hornets yang juga legenda NBA, Michael Jordan, cukup vokal mengenai kelanjutan musim ini. MJ menyarankan bahwa NBA tak perlu memaksakan seluruh tim kembali melanjutkan musim, utamanya tim-tim yang tak memiliki peluang lolos ke playoff lagi. Oleh karena itu, peluang opsi keempat terjadi sangat kecil.

Opsi-opsi yang tersedia ini memang memiliki banyak kekurangan, tergantung dari sudut pandang mana kita melihatnya. Akan tetapi, keseriusan NBA untuk menyelesaikan musim ini patut diapresiasi. Di sisi lain, keselematan dan kesehatan para pemain dan keluarga besar NBA juga terus menjadi prioritas utama dalam kelanjutan musim ini. (DRMK)

Foto: NBA

Populer

Jrue Holiday Menceritakan Proses Keluarnya dari Bucks
Mavericks 5 Kemenangan Beruntun, Singkirkan Kings dari Zona Playoff
Sempat Tertinggal 19 Poin, Lakers Bekuk Bucks Lewat Dua Kali Overtime
Houston Rockets dalam Misi Menggejar Warriors!
Tumbangkan Heat, Warriors Masih Aman di Play-in
Los Angeles Clippers Sedang Kebingungan
Meski Menang Lawan Korea, Tim 3x3 Putra Indonesia Tak Tak Lolos Kualifikasi
IBL All-Star 2024, di Indonesia Arena atau Kelapa Gading?
Evaluasi Grant Hill tentang Timnas Amerika Serikat: Kami Kurang Kontak Fisik!
Brandon Miller Lebih Suka Belajar dari Paul George, Ketimbang Kobe atau LeBron