Sudah dua bulan lebih berlalu, sejak pertandingan resmi NBA terakhir digelar. Penundaan ini merupakan periode tanpa aktifitas terpanjang dalam sejarah NBA. Ini juga pertama kalinya kompetisi ditunda di tengah musim. Namun bila semuanya bisa dilanjutkan kembali, ada empat tim yang diuntungkan.

Sama seperti tim olahraga lainnya, banyak tim dan pemain NBA yang sudah gatal ingin kembali ke lapangan. Tapi ada pula beberapa yang menunggu dengan cemas. Apakah keyakinan mereka tentang liga dilanjutkan, hanya sekadar pepesan kosong.

Tetapi kali ini, penundaan liga bisa menguntungkan bagi beberapa tim. Mereka memang ingin liga berlanjut. Karena bila dibatalkan, maka jadi kerugian besar bagi mereka. Berikut empat tim tersebut:

Houston Rockets

Houston Rockets sedanag panas-panasnya. Sebab dua mantan MVP, James Harden dan Russell Westbrook bahu membahu mengejar gelar NBA pertama mereka.

Westbrook memang mencetak tripel dobel untuk catatan statistik individu dalam tiga musim terakhir, berturut-turut. Namun dia tidak mampu membawa Oklahoma City Thunder meraih prestasi menggembirakan. Akhirnya, Westbrook melompat ke kapal Rockets, dan bergabung kembali dengan rekan lamanya di Thunder, yaitu James Harden.

Sementara itu, James Harden tengah jadi sorotan. Sebab dirinya selalu bisa menunjukkan penampilan terbaik di musim reguler, tapi merosot tajam di playoff. Kerjasama dengan Dwight Howard dan Chris Paul juga menemui jalan buntu. Sampai akhirnya Westbrook merapat.

Duet Harden - Westbrook tentu berharap liga dilanjutkan kembali. Sebab mereka sedang panas. Kalau ditunda, bisa jadi momentum mendapatkan gelar juara musnah.

Los Angeles Clippers

Los Angeles Clippers tidak punya masalah dengan konsistensi di NBA musim 2019-20. Mereka punya bintang top, Paul George, dan MVP Final NBA musim lalu, Kahwi Leonard. Meski tidak tampil hampir sepanjang musim.

Kepala pelatih Doc Rivers akhirnya punya jalan keluar yang tepat. Ada kandidat Sixth-man of The Year, Montrezl Harrelm, serta Lou Williams yang mampu mengamankan tim dari keterpurukan.

Melanjutkan liga setelah ditunda lebih dari dua bulan, bisa sangat menguntungkan bagi Clippers. Sebab, George dan Leonard kemungkinan bisa dimainkan lagi.

Tetapi bila musim dibatalkan, kerugian besar akan dialami Clippers. Sebab musim ini ada beberapa pemain yang kontraknya berakhir, yaitu Harrell, Marcus Morris, dan Reggie Jackson. Kekuatan Clippers bisa menurun musim depan.

Milwaukee Bucks

Ketika penjalanan Milwaukee Bucks lancar di NBA, liga justru berhenti. Musim ini mereka mencetak rekor kemenangan 24-3 di awal. Kemudian setapak demi setapak, Bucks bisa menduduki puncak klasemen Wilayah Timur.

Bintang Bucks, Giannis Antetokounmpo terus berkembang dan berpeluang memenangkan MVP musim ini. Bisa jadi, Giannis menjadi MVP dua musim beruntun, mengingat performa cemerlan di musim reguler. Sementara itu, Khris Middleton menjadi pemain jadangan paling bersinar saat ini. Lalu barusan muda tampak menjanjikan, yaitu Brook Lopez, Eric Bledsoe, dan Donte DiVincenzo.

Saat ini Milwaukee Bucks punya kesempatan yang besar untuk meraih gelar juara. Giannis baru berusia 25 tahun. Masih banyak tenaga untuk bisa memenangkan gelar. Tapi rekan-rekannya sudah berusia di atas 30 tahun. Oleh sebab itu, sekarang waktunya untuk menang.

Los Angeles Lakers

Berbicara soal peluang juara, Los Angeles Lakers juga punya. Bahkan jauh lebih besar untuk musim ini. LeBron James tampak yakin dengan timnya sekarang. Meski usianya menginjak 36 tahun, James masih mencetak rata-rata 25,7 poin dan 10,6 rebond di liga.

James punya rekan baru musim ini, yaitu Anthony Davis. Duet ini benar-benar mendominasi liga. Tapi perlu diingat, bisa jadi hanya terjadi musim ini. Karena Anthony Davis akan jadi pemain bebas agen. Bisa saja dia memilih pergi dari Lakers musim depan. Sangat mungkin Davis mencari tim lain. Desas-desus menyebut bahwa Davis mempertimbangkan tawaran Chicago Bulls.

Bagi Lakers, penundaan liga merugikan mereka. Karenanya, Lakers jadi tim yang getol mendorong agar liga dilanjutkan kembali. Karena kesempatan mereka meraih juara itu besar musim ini. (tor)

Foto: NBA

Populer

LeBron James Masih Berat Meninggalkan Keluarganya
Sempat Ragu, Pelatih Suns Monty Williams Terkesan dengan Gelembung NBA
Riwayat dan Transformasi Logo adidas
Ada Dua Jenis Converse Chuck Taylor All Star. Apa Bedanya?
LeBron James Tak Pasang Pesan Sosial di Jersey
Tim Kuda Hitam Wilayah Barat di Mata Danny Green
Celtics Batasi Menit Bermain Kemba Walker di Orlando
Utah Jazz Membawa Peralatan Kebugaran Sendiri ke Orlando
Gregg Popovich Yakin Gelembung NBA Aman dari Penularan Virus
Footwear Forum Inisiasi Brodo x Sepatokimin untuk Kesejahteraan Penyintas Kusta