Rekor-Rekor James Harden yang Membuatnya Layak Jadi MVP

| Penulis : 

James Harden, garda Houston Rockets, menjadi pemain ofensif terbaik di NBA 2018-2019. Ia tampil luar biasa ketika timnya merangkak ke papan atas. Padahal Rockets sempat didera badai cedera sehingga beberapa pilarnya terpaksa menepi. Namun, tim asal Houston itu finis di peringkat empat Wilayah Barat dengan rekor 53-29 berkat Harden.

Si Berewok membuktikan dirinya sebagai pemain ofensif dengan rekor-rekor fantastis. Ia membuat, mendekati, menyamai, dan melewati beberapa rekor di NBA. Dengan itu ia semakin laris dalam perdebatan peraih gelar pemain terbaik (MVP) bersama Giannis Antetokounmpo. Ia bahkan layak meraih gelar itu untuk kedua kalinya jika melihat statistik dan rekor-rekornya.

StatMuse sempat membeberkan rekor-rekor Harden lewat Twitter. Rekor-rekor berikut menjadi pertimbangan mengapa Harden layak menjadi pemain terbaik:

36,1 Poin

Harden mencetak rata-rata 36,1 poin per pertandingan. Itu merupakan rata-rata tertinggi NBA setelah Michael Jordan (37,1 poin) pada 1986-1987. Pemain lain yang pernah mencetak rata-rata setidaknya 36 poin ada dua: Elgin Baylor dan Wilt Chamberlain.

36,1 Poin dan 7 Asis

Harden mencetak 36,1 poin dan 7 asis. Rata-rata poinnya menjadi yang tertinggi di antara pemain yang mencetak setidaknya tujuh asis per pertandingan.

30 Poin

Harden mencetak 30+ poin sebanyak 57 kali. Ia hampir menyamai pencapaian Michael Jordan (59) pada 1987-1988.

40 Poin

Harden mencetak 40+ poin sebanyak 28 kali. Michael Jordan melakukannya 37 kali pada 1986-1987.

50 Poin

Harden mencetak 50+ poin sebanyak sembilan kali. Hanya Kobe Bryant dan Wilt Chamberlain yang memiliki perolehan lebih dari itu.

60 Poin

Harden mencetak 60+ poin dua kali. Ia bergabung dengan Kobe Bryant, Michael Jordan, dan Wilt Chamberlain sebagai pemain dengan rekor 60+ poin ganda.

35-5-5

Harden mencetak rata-rata setidaknya 35 poin, 5 rebound, dan 5 asis. Ia bergabung dengan Michael Jordan (1987-1988) dan Wilt Chamberlain (1963-1964).

Tripel-dobel dan 50 Poin

Harden mencetak tripel-dobel dengan perolehan 50 poin dua kali. Secara total, ia sudah melakukan itu sebanyak lima kali di sepanjang kariernya. Ia pun melewati pencapaian Russell Westbrook yang sebelumnya memegang rekor itu.

1000 Tripoin

Harden melepas tripoin sebanyak 1000 kali. Ia menjadi pemain pertama dengan rekor 1000 tripoin dalam satu musim.

378 Tripoin

Harden melepas tripoin sebanyak 1000 kali dan memasukkan 378 di antaranya. Ia menjadi pencetak tripoin kedua terbanyak dalam satu musim. Stephen Curry berada di atasnya dengan 402 tripoin pada 2015-2016.

754 Tembakan Gratis

Harden memasukkan 754 tembakan gratis. Ia menjadi garda pencetak tembakan gratis keempat terbanyak di NBA.

2818-500-500

Harden mencetak total 2818 poin. Perolehan itu merupakan yang tertinggi di antara pemain dengan setidaknya 500 rebound dan 500 asis.

Oklahoma City Thuder Versus Houston Rockets

Harden mengumpulkan total 2818 poin bersama Houston Rockets musim ini. Perolehan itu lebih tinggi dari perolehannya selama tiga musim di Oklahoma City Thunder (2795 poin).

Spesial

Dengan segala rekor-rekor di atas, Harden terasa spesial karena dua hal: effective field goal percentage (eFG%) dan true shooting percentage (TS%).

eFG% pada dasarnya sama dengan field goal percentage (FG%), tetapi dengan parameter tambahan. Parameter itu menyesuaikan fakta bahwa tembakan tripoin berharga satu poin lebih banyak dari tembakan dua poin. Statistik ini dipakai untuk menggambarkan seberapa akurat tembakan seorang pemain tanpa mengabaikan fakta bahwa pemain itu sering mencetak tripoin di samping dua poin.

Dalam satu kasus perbandingan di SportingCharts.com, situs tersebut menyebut nama Bob Lanier dan Reggie Miller. Lanier lebih sering mencetak angka dari area bawah ring. Ia memiliki FG% 51,4 persen. Karena ia mencetak angka dari area tersebut eFG%-nya tetap 51,4.

Sementara itu, Miller hanya punya FG% 47,1 persen. Padahal ia lebih sering mencetak tripoin daripada dua poin. Jika dihitung dengan mempertimbangkan jumlah tripoinnya (2560), eFG% Miller mencapai 54,4. Maka, Miller sebenarnya tidak lebih buruk dari Lanier.

TS%, di sisi lain, adalah statistik yang menggambarkan seberapa efisiennya seorang pemain dalam melepas tembakan. Hal ini pernah dijelaskan di artikel lain di Mainbasket. Salah satunya artikel tentang Kaleb Ramot Gemilang.

Sebagai seorang pemain dengan rata-rata setidaknya 35 poin, Harden memiliki eFG% mencapai 54,1 persen. Persentase itu menjadi yang tertinggi musim ini.

Sementara itu, TS% Harden mencapai 61,6 persen. Pemain dengan TS% lebih dari 60 bisa dikatakan luar biasa. Ia bahkan memiliki persentase 5,4 persen lebih tinggi dari pemain dengan rata-rata 35 poin musim ini.

Foto: NBA

Populer

Luka Doncic Merasa Tidak Enak dengan Kyrie Irving
Timberwolves vs Suns 4-0, KD dan Ant-Man Saling Lempar Pujian
Frank Vogel Berlindung Di Balik Nama Mat Ishbia
LeBron James Tidak Ingin Menyerah Begitu Saja dari Nuggets
Kondisi Zion Williamson Membaik, Tapi Pelicans Sudah Tertinggal 0-3 dari Thunder
Pelajaran yang Dipetik Nikola Jokic dari Pacuan Kuda
Pelatih Timberwolves Chris Finch Cedera Lutut Usai Ditabrak Mike Conley
Era Keemasan Thunder Kembali, Mark Daigneault Jadi Pelatih Terbaik Tahun Ini
Lakers Memperpanjang Nafas
Timberwolves Sapu Bersih Suns