Steve Nash Kenalkan Aplikasi Bantuan Latihan Basket HomeCourt

| Penulis : 

Apple mengenalkan produk baru mereka pada Rabu, 12 September 2018 waktu setempat. Pada kesempatan itu, mereka mengenalkan iPhone XS sekaligus meluncurkan aplikasi bantuan latihan basket bernama HomeCourt App. Steve Nash, legenda NBA, pun membantu mereka mengenalkan aplikasi tersebut di hadapan para tamu.

Menurut Nash, aplikasi itu dibuat dengam kecerdasan buatan demi membantu para pemain basket meningkatkan kemampuan mereka. Aplikasi itu, katanya, akan menjadi alat bantu latihan revolusioner dengan cara kerja yang mudah. Nash bersama David Lee, pendiri sekaligus CEO Nex Team, mendemonstrasikannya di atas pentas.

Dari penjelasan Nash dan Lee, aplikasi itu bekerja dengan cara merekam lewat fitur kamera gawai. Para pengguna hanya perlu tripod atau apa pun yang membantu gawai berdiri lalu merekam latihan individu yang sedang berlangsung. Nantinya aplikasi itu akan menunjukkan hasil rekaman berikut data ilmiah seperti seberapa banyak seseorang menembak dan memasukkannya.

Aplikasi itu juga bisa menghitung ketinggian dan kecepatan seseorang dalam melepas tembakan dan data-data ilmiah lainnya yang bisa digunakan untuk mengembangkan diri—sesuatu yang belum ada ketika Nash masih aktif bermain.

"Ketika saya masih muda dan sedang belajar bermain basket, saya tidak pernah benar-benar tahu apakah saya melakukan hal yang benar untuk meningkatkan permainan saya," kata Nash, seperti dikutip Daily Hive. "Saya akan menghabiskan waktu berjam-jam dan menembak sendiri sambil berharap saya memperbaiki teknik yang akan membawa saya ke tingkat selanjutnya.”

Nash sendiri sebenarnya merupakan investor HomeCourt App. Ia bersama Mark Cuban, Sam Hinkie, dan Jeremy Lin mengucurkan uangnya untuk mengembangkan aplikasi tersebut, mengingat hal tersebut dapat mengembangkan basket yang mereka sukai. Lin, misalnya, merasa memiliki data obyektif dan cepat setelah mencobanya pertama kali.

“Setelah menggunakannya untuk pertama kali, saya rasa ini keren,” kata Lin, seperti dikutip The Crossover. “Ini adalah sesuatu yang bisa digunakan oleh siapa saja. Saya tidak pernah benar-benar memiliki data yang obyektif dan cepat seperti ini."

Sementara para investor mengucurkan dana, NEX Team sebagai pengembang aplikasi juga terus bekerja untuk mengembangkan HomeCourt supaya semakin mudah diakses. Para pengguna iPhone (Apple) kini bahkan sudah bisa mengunduhnya melalui App Store. Harapannya, aplikasi ini bisa menjadi opsi paling efisien untuk mengembangkan permainan basket.

Foto: Vic Chukwuka (@Cheris_vic)

Populer

Luka Doncic Merasa Tidak Enak dengan Kyrie Irving
Timberwolves vs Suns 4-0, KD dan Ant-Man Saling Lempar Pujian
Frank Vogel Berlindung Di Balik Nama Mat Ishbia
LeBron James Tidak Ingin Menyerah Begitu Saja dari Nuggets
Kondisi Zion Williamson Membaik, Tapi Pelicans Sudah Tertinggal 0-3 dari Thunder
Pelajaran yang Dipetik Nikola Jokic dari Pacuan Kuda
Pelatih Timberwolves Chris Finch Cedera Lutut Usai Ditabrak Mike Conley
Era Keemasan Thunder Kembali, Mark Daigneault Jadi Pelatih Terbaik Tahun Ini
Timberwolves Sapu Bersih Suns
Lakers Memperpanjang Nafas