Mike Brown Jadi Pelatih Terbaik Versi NBCA

| Penulis : 

Mike Brown memang layak dinobatkan sebagai pelatih terbaik musim ini. Untuk pertama kalinya setelah 16 tahun, ia berhasil membawa Sacramento Kings lolos ke playoff. Tidak sekedar lolos. Kings menempati posisi unggulan ketiga Wilayah Barat dengan rekor 48-34. Dengan hasil itu, pada Kamis (13/4) waktu setempat, Brown dianugerahi Michael H. Goldberg NBCA Coach of the Year Award.

NBCA Coach of the Year Award bukanlah gelar Pelatih Terbaik yang biasanya kita kenal yang diselenggarakan oleh NBA. Coach of the Year ini berdasarkan pemilihan dari 30 pelatih kepala liga yang termasuk dalam National Basketball Coaches Association (NBCA). Penghargaan ini diberikan sejak 2017. Sedangkan pelatih terbaik liga akan diumumkan di sela-sela babak playoff.

“Ucapan selamat kami berikan kepada Mike Brown atas salah satu pekerjaan terbaik yang pernah kami lihat di liga. Dia benar-benar mengubah sikap dan atmosfer Kings menuju era kesuksesan baru yang luar biasa,” kata Presiden NBCA Rick Carlisle dalam laman resmi NBA.

Brown berhasil mengungguli Monty Williams. Pelatih Phoenix Suns tersebut meraih penghargaan pada dua musim terakhir. Kandidat lainnya adalah Mike Budenholzer (Milwaukee Bucks), Mark Daigneault (Oklahoma City Thunder), Joe Mazzulla (Boston Celtics), dan Tom Thibodeau (New York Knicks).

Di bawah kepemimpinan Brown, Kings mencetak capaian yang mengagumkan. Musim ini Kings rata-rata mencetak 118,6 poin dalam 100 penguasaan. Menurut ESPN Stats & Information, ini merupakan offensive efficiency terbaik sejak musim 1996-97. Selain itu Kings mencetak rerata 120,7 poin, terbanyak dari Denver Nuggets sejak musim 1983-84.

“Kami memiliki sekelompok pelatih kepala yang luar biasa di NBA. Semuanya pantas diakui atas kepemimpinan menjalankan keahlian mereka di level tertinggi setiap hari. Penghargaan ini istimewa karena ini tahun pertama saya bersama Kings,” kata pernyataan resmi Brown.

Brown menjabat pelatih kepala Kings sejak Mei 2022. Ia menggantikan pelatih interim Alvin Gentry. Sebelumnya Brown menjadi asisten pelatih untuk Steve Kerr di Golden State Warriors selama 2016-2022.  Keahlian Brown memang sudah diakui sebelumnya. Pada 2009 lalu ia terpilih sebagai pelatih terbaik saat menangani Cleveland Cavaliers meraih 66 kemenangan di musim reguler. (rag)

Foto: NBC Sports

Populer

Luka Doncic Merasa Tidak Enak dengan Kyrie Irving
Nuggets Singkirkan Lakers
Timberwolves vs Suns 4-0, KD dan Ant-Man Saling Lempar Pujian
Frank Vogel Berlindung Di Balik Nama Mat Ishbia
LeBron James Tidak Ingin Menyerah Begitu Saja dari Nuggets
Thunder Istimewa! Sapu Pelicans 4-0 di Playoff Putaran Pertama
Pelajaran yang Dipetik Nikola Jokic dari Pacuan Kuda
Celtics Unggul 3-1, Tapi Kristaps Porzingis Cedera
Kondisi Zion Williamson Membaik, Tapi Pelicans Sudah Tertinggal 0-3 dari Thunder
Kevin Durant Tidak Senang dengan Sistem Frank Vogel