Timnas 3x3 putra akan melakukan pemusatan latihan untuk SEA Games mulai 4 April 2022 mendatang. Rencananya ada tiga tempat yang menjadi opsi pemusatan latihan, yaitu GBK Arena, Bogor, dan Krakatau Steel.

PP Perbasi akan memanggil 10 pemain untuk mengikuti pemusatan latihan tersebut. Mereka akan memillih kombinasi pemain senior dan junior yang berada di bawah usia 23 tahun untuk regenerasi.

Di dalam daftar tersebut ada pemain senior Surliyadin, Sandy Ibrahim Azis, Oki Wira Sanjaya, dan Jamarr Andre Johnson. Tiga nama pertama merupakan pemain yang memperkuat timnas saat meraih perak di SEA Games 2019 lalu.

Kemudia ada Julian Chalias, Serigne Modou Kane, dan Dame Diagne. Sedangkan tiga pemain lainnya akan diumumkan menjelang pemusatan latihan.

Menurut pelatih Ali Budimansyah ada beberapa alasan memilih pemain-pemain senior tersebut. Jamarr dipilih karena pertimbangan size dan menggantikan posisi Rivaldo Pangesthio.

“Saya tertantang karena kondisi pemain sedang bagus. Mereka masih berkompetisi di IBL 2022. Artinya, secara fisik dan skill individu terasah. Tinggal nanti diperkuat mindset permainan saja karena 5x5 dan 3x3 ada perbedaan,” ujarnya.

SEA Games akan berlangsung pada 12-23 Mei 2022 di Vietnam. Sebagai persiapan, timnas berencana menggelar try out ke Jepang selama lima hari.

“Jepang saya rekomendasikan menjadi negara tujuan karena mereka memiliki atmosfer 3x3 lebih baik. Try out menjadi solusi terbaik di saat kita tidak ada kegiatan sejak Covid-19. Saya ingin simulasi pertandingan di SEA Games saat berada di Jepang. Ini agar para pemain terbiasa,” kata Ali dalam keterangan resminya.

Filipina tetap menjadi pesaing terberat bagi timnas Indonesia. Ali menambahkan peluang untuk merebut emas tetap terbuka. Dia melihat tim Filipina pada SEA Games nanti tidak akan sekuat edisi sebelumnya.

“Saat itu Filipina menjadi tuan rumah. Mereka menurunkan kekuatan terbaik. Untuk di Vietnam nanti, mereka (Filipina) menurunkan pemain yang berbeda yang kualitasnya berbeda di bawah SEA Games lalu,” lanjut Ali. (rag)

Foto : Hariyanto

Populer

Luka Doncic Merasa Tidak Enak dengan Kyrie Irving
Timberwolves vs Suns 4-0, KD dan Ant-Man Saling Lempar Pujian
Frank Vogel Berlindung Di Balik Nama Mat Ishbia
Nuggets Singkirkan Lakers
LeBron James Tidak Ingin Menyerah Begitu Saja dari Nuggets
Pelajaran yang Dipetik Nikola Jokic dari Pacuan Kuda
Kondisi Zion Williamson Membaik, Tapi Pelicans Sudah Tertinggal 0-3 dari Thunder
Thunder Istimewa! Sapu Pelicans 4-0 di Playoff Putaran Pertama
Pelatih Timberwolves Chris Finch Cedera Lutut Usai Ditabrak Mike Conley
Era Keemasan Thunder Kembali, Mark Daigneault Jadi Pelatih Terbaik Tahun Ini