IBL

All-NBA team 2024 diumumkan. Ada lima nama yang menghuni tim pertama (first team). Tentu saja diisi dengan nama-nama yang familiar. Mereka adalah Nikola Jokic, Shai Gilgeous-Alexander, Luka Doncic, Giannis Antetokounmpo, dan Jayson Tatum.

Jokic merupakan Most Valuable Player (MVP) tiga kali dalam empat musim terakhir. Ini merupakan keempat kalinya pemain Denver Nuggets itu menghiasi All-NBA First Team kecuali pada tahun 2020.

SGA mendapatkan All-NBA First Team dalam dua tahun terakhir. Sedangkan Doncic terpilih selama lima kali berturut-turut. Disusul Giannis (enam kali beruntun) dan Tatum (tiga kali beruntun).

Dalam pemilihan penghargaan individu tahun ini memang ada perubahan. Pemain minimal harus bertanding minimal 65 gim. Akibat adanya aturan tersebut, Joel Embiid kehilangan kesempatannya untuk masuk dalam daftar. Padahal Embiid musim ini mencatat 34,7 poin per gim. Ia hanya bermain di 39 pertandingan.

Tidak hanya Embiid. Beberapa pemain juga tidak memenuhi persyaratan. Antara lain Donovan Mitchell, Julius Randle, hingga Jimmy Butler. Mereka masih masuk All-NBA First Team tahun lalu.

Dalam daftar All-NBA Second Team ada pemain yang debut. Mereka adalah Jalen Brunson dan Anthony Edwards. Ini merupakan pertama kalinya kedua nama tersebut menghiasi daftar All-NBA.

Brunson melejit musim ini dengan 28,7 poin per gim. Ia mengantar New York Knicks menjadi unggulan kedua Wilayah Timur. Meski harus berakhir tragis di Gim 7 Semifinal Wilayah Timur oleh Indiana Pacers.

Edwards sendiri memanas bersama Minnesota Timberwolves. Pemain berjuluk Ant-Man itu mengantar Timberwolves mencapai Final Wilayah Barat pertama setelah dua dekade. Edwards membukukan 25,9 poin per gim.

Berlanjut ke daftar All-NBA Third Team 2024. Didominasi nama-nama veteran. LeBron James mencatat namanya untuk ke-20 kalinya secara beruntun dalam All-NBA Team. Dalam daftar lapis ketiga itu juga ada Devin Booker, Stephen Curry, Tyrese Haliburton, dan Domantas Sabonis. (rag)

Foto: Getty Images

Komentar