IBL

Dallas Mavericks mencuri satu kemenangan di kandang Minnesota Timberwolves, Rabu (22/5), waktu setempat. Memainkan Gim 1 Final Wilayah Barat di Minnesota, Mavericks menang 108-105 untuk unggul 1-0. Ini adalah keunggulan seri perdana Mavericks di Playoff NBA 2024. 

Kedua tim beradu dengan sangat ketat sejak tepia mula. Timberwolves mengambil inisiatif lebih dulu lewat tajamnya tembakan tripoin mereka. Jarak pun terbuka sampai sembilan poin. Mavericks sebaliknya. Tak kunjung menemukan ritme mereka, Mavericks menyerang lewat area dua poin. Mengeksploitasi keputusan Timberwolves untuk melakukan drop coverage dalam posisi pick n roll. Kyrie Irving memimpin Mavericks dengan 24 poin di 24 menit pertama. 

Persaingan terus berlanjut sampai akhir laga. Mavericks melakukan run (laju mencetak poin tanpa balas) yang sangat penting di dua menit terakhir. Kombinasi Luka Doncic dan P.J. Washington membuat Mavericks mencetak delapan poin tanpa balas yang membuat jarak menjadi enam poin. 

Dengan sisa dua timeout, Timberwolves harusnya masih bisa mengejar ketinggalannya. Namun, timeout kedua justru langsung diambil sebelum bola dilempar masuk karena strategi mereka terbaca oleh Mavericks. Ini tak lepas dari keputusan Timberwolves menempatkan Kyle Anderson sebagai pemberi umpan yang membuat Doncic tak perlu khawatir dan bisa melakukan double team ke pemain lain. 

Tanpa sisa timeout, Timberwolves berhasil mencetak poin lewat tepisan Naz Reid. Mereka kemudian melakukan foul kepada Kyrie Irving yang sempurna menyelesaikan dua tembakan gratisnya. Satu penguasaan bola selanjutnya, Mike Conley dilanggar Josh Green di tripoin. Sayangnya, setelah tembakan pertama masuk, tembakan keduanya justru meleset padahal Conley punya akurasi 91 persen dari tembakan gratis sepanjang musim reguler. Ini jadi akhir pengejaran Timberwolves. 

Doncic jadi top skor Mavericks dengan 33 poin, 6 rebound, 8 asis, dan 3 steal. Salah satu steal Doncic terjadi di tiga menit terakhir, menggagalkan upaya alley-oop Conley dengan Rudy Gobert. Irving menyusul dengan 30 poin, 5 rebound, 4 asis. Irving memasukkan 24 dari keseluruhan poinnya di paruh pertama. Washington 13 poin 7 rebound, sedangkan Daniel Gafford 10 poin plus 9 rebound. 

Timberwolves memasukkan 18/49 tripoin (38 persen), namun kecolongan 62 poin di paint area. Jaden McDaniels jadi top skor Timberwolves dengan 24 poin dan 4 rebound. Jaden mencetak 19 dari keseluruhan poinnya di paruh pertama. Anthony Edwards kesulitan menemukan akurasi di paruh pertama dan tampak sangat kelelahan di lima menit terakhir gim. Pun demikian, Edwards menutup laga dengan dobel-dobel 19 poin, 11 rebound, 8 asis dari 6/16 tembakan (5/12 tripoin). 

Karl-Anthony Towns 16 poin dan 7 rebound dari 6/20 tembakan (30 persen). Naz Reid 15 poin 5 rebound dari bangku cadangan. Rudy Gobert 12 poin plus 7 rebound. Ketiga bigman ini mengombinasikan hanya satu blok yang menunjukkan betapa sulitnya mereka mematikan gerakan serangan Mavericks. Kyle Anderson menutup daftar dengan 11 poin. 

Gim 2 digelar lusa, masih di Target Center, markas Timberwolves. (DRMK)

Foto: Getty Images 

Komentar