IBL

Timnas Basket U18 Putri sudah bertolak ke Thailand Rabu sore (22/5) untuk bersaing di SEABA U18 Women’s pada 24 hingga 26 Mei 2024 di Ratchaburi. Timnas Basket U18 Putri akan bersaing dengan Thailand, Malaysia, dan Filipina. Bagi pemain Indonesia, SEABA U18 Women’s merupakan turnamen pemanasan sebelum berjuang di FIBA U-18 Women’s Asia Cup yang berlangsung di Senzhen China pada 24-30 Juni 2024.

Menghadapi persaingan di SEABA U-18 Women’s, PP Perbasi mengirim 12 pemain. Berikut roster dan ofisial Timnas Basket U18 Putri Indonesia:

Roster Timnas Basket U-18 Putri:
    1.    Anggita Yuliani Putri
    2.    Berlian Yesi Triutari
    3.    Caylee Michelle Koesnadi
    4.    I Gusti Ayu Krisabela
    5.    Jennifer Collin
    6.    Joanne Giovanni
    7.    Kartika Hatta Maharani
    8.    Keira Ammabel Hadinoto
    9.    Nathania Nathania Sasongko
    10.    Nelvina Sally Utomo 
    11.    Putu Kezia Angelie Setiawan
    12.    Ratu Sabrina Amaury Poedjakesuma

TEAM OFFICIAL
General Manager: Dedy Setiawan
Bambang Asdianto Pribadi: Head Coach
Assistant Coach: Millania Angela
Assistant Coach: Rommy Chandra
Physioterapist: Kadek Ditya Anggariawan
Utility: Aldion Christian Aditia

Menanggapi turnamen ini, Joanne Giovanni mengatakan bahwa persaingan di Thailand tidak mudah. Ini karena baik Thailand, Malaysia maupun Filipina memiliki permainan cepat. 

"Di SEABA nanti akan ada Filipina Malaysia dan Thailand. Menghadapi mereka, mereka mainnya lebih keras dan lebih cepat," jelas Joanne. "Untuk menghadapi mereka kami harus ikuti tempo mereka dan lebih tenang. Main contact-nya juga harus lebih tinggi juga. Dan, yang paling penting shooter harus bisa memaksimalkan setiap peluang."

Menurut Pelatih Timnas Basket U-18 Putri Bambang Asdianto Probadi, para pemain sudah siap bersaing di SEABA U18 Women’s. Sekalipun mereka masih butuh adaptasi bermain melawan tim putri. Ini karena selama berlatih, Timnas Basket U18 Putri lebih sering melawan tim putra dalam scrimmage game. Dari lima kali pertandingan, Timnas Basket U18 Putri sekali melawan tim putri, yaitu Tim PON DKI Jakarta.

"Para pemain awalnya kesulitan adaptasi melawan tim putri tapi selanjutnya mereka bisa menyesuaikan diri sehingga bermain lepas dan mengembangkan permainan. Saya yakin nanti di Thailand anak-anak semakin berkembang dan bermain lebih baik," terang Bambang.

General Manager Timnas Basket U-18 Putri Dedy Setiawan menjelaskan bahwa tidak ada target muluk di ajang ini. SEABA U-18 Women’s akan dimanfaatkan untuk mematangkan permainan tim. Mengingat, panggung tim ini sejatinya di FIBA U-18 Women’s Asia Cup yang berlangsung di China pada 24-30 Juni mendatang. Di FIBA U-18 Women’s Asia Cup nanti, Indonesia satu grup dengan China, Jepang, dan Selandia Baru. (*)

Foto: Rilis Media PP Perbasi

Komentar