IBL

Beberapa hari terakhir, NSH sudah mengisyaratkan pergantian nama di liga. Namun bukan hanya berganti nama saja, NSH ternyata bergabung dengan klub asal Timika, Mountain Gold. Penggabungan dua klub ini diharapkan bisa menjadi kebangkitan basket Papua di liga nasional.

Seperti dilansir iblindonesia.com, pihak Mountain Gold sudah mengambil keputusan yang penting tahun ini. Mereka sebenarnya mendaftarkan diri jadi peserta baru di IBL. Hanya saja mereka akhirnya tidak terpilih sebagai kontestan baru. Oleh sebab itu, Mountain Gold memilih melebur dengan NSH Jakarta.

"Sebuah langkah besar bagi kami bisa berkompetisi di IBL musim depan. Semoga keputusan ini bisa berbuah prestasi terbaik," kata manajer umum Montain Gold, Ronaldo Omaleng.

Junas Miradiarsyah selaku direktur IBL mengatakan bahwa peleburan dua klub tersebut menunjukkan tekat kuat Mountain Gold berkiprah di liga nasional. Namun slot untuk peserta bar memang hanya ada dua tim untuk tahun 2021. Junas berharap hadirnya NSH Mountain Gold Timika akan sejalan dengan visi pengembangan liga basket di seluruh Indonesia.

"Ke depan, konsep franchise yang diterapkan liga bisa meningkatkan minat banyak pihak untuk terlibat di kompetisi profesional. Sehingga industri bola basket bisa makin maju," ujar Junas.

Sebenarnya NSH sudah memberi isyarat tentang penggabungan tersebut di saat IBL Rookie Draft pada bulan November lalu. Tiga pemain ruki yang diambil NSH berasal dari Papua. Dua dari tiga pemain tersebut dari Montain Gold. Manajer NSH, Jusuf Arlan Ruslim berharap bahwa para pemain asal Papua tidak bingung lagi untuk meniti karier di basket profesional. Mereka bisa bergabung dengan klub ini.

"Bentuk nyata dari peleburan dua klub ini nanti tentu dari sisi pemain. Kami ingin pemain Papua jadi prioritas di tim ini. Bukan hanya sekadar nama saja. Kami ingin merepresentasikan Papua secara utuh. Termasuk juga dalam roster nanti," jelas Arlan kepada mainbasket.com, Jumat, 11 Desember 2020.

NSH Jakarta untuk musim depan masih dipimpin oleh kepala pelatih Antonius Ferry Rinaldo, didampingi asisten pelatih Antonius Joko Endratmo, Agus Batbual, dan Ruspin Gultom. Sementara itu, mereka tidak lagi diperkuat Widyanta Putra Teja yang kini pindah ke West Bandits Solo, serta Lutfi Koswara yang akan bermain bersama Bali United Basketball. Namun Arlan menyebut bahwa ada wajah-wajah baru yang disiapkan sebagai kejutan di roster NSH musim depan. (tor)

Foto: IBL Indonesia

Komentar