IBL

Klay Thompson tampil “super wangi” kala Golden State Warriors mengalahkan Los Angeles Lakers 130-111, Senin malam, 21 Januari 2019, waktu setempat. Bermain hanya tiga kuarter dengan total 27 menit, Thompson mengemas 44 poin, 3 rebound, 2 asis, dan 1 blok. Akurasinya menggila, secara keseluruhan ia memasukkan 17/20 tembakan (85 persen) dengan 10/11 tripoin (91 persen) dalam laga yang digelar di Staples Center, Los Angeles, California, Amerika Serikat.

Lebih hebat lagi, Thompson memasukkan 23 poin di antaranya hanya di kuarter tiga dan sisanya di dua kuarter perdana. Satu-satunya tripoin yang gagal dimasukkan pemain berusia 28 tahun tersebut juga terjadi di tembakan terakhirnya. Ini menjadi kali 13 sepanjang karirnya mencetak setidaknya 40 poin dengan tiga di antaranya terjadi musim ini.

Selain itu, jumlah 10 tripoin masuk ini menjadi yang kelima sepanjang karirnya mencetak dua digit tripoin dalam satu laga. Ia menjadi pemain kedua terbanyak dengan rekor tersebut. Satu-satunya pemain yang memiliki dua digit tripoin terbanyak dalam sejarah NBA adalah Stephen Curry yang membukukannya dalam 12 gim berbeda.

Selain Thompson, hanya ada dua pemain Warriors yang mencetak dua digit poin di gim ini. Curry mengemas dobel-dobel, 11 poin, 5 rebound, dan 12 asis. Kevin Durant yang bermain selama 30 menit mengemas 20 poin, 6 rebound, dan 4 asis dengan akurasi 61 persen.

Dari kubu Lakers, Ivica Zubac yang memulai laga dari bangku cadangan justru mengakhiri laga menjadi top skor tim. Selama 21 menit, ia mengemas 18 poin plus 4 rebound. Brandon Ingram menyusul dengan 17 poin dan 5 rebound. Kyle Kuzma mencetak 16 poin sementara Michael Beasley membukukan 15 poin dan 5 rebound. JaVale McGee melengkapi daftar dengan 10 poin dan 8 rebound.

Bagi Warriors, kemenangan ini menjadi kemenangan kedelapan mereka secara beruntun. Sepanjang Januari, tim yang diasuh Steve Kerr ini baru kalah satu kali dari 10 gim yang sudah dilakoni. Hasil ini membuat Warriors semakin tak tergoyahkan di pucuk klasemen sementara Wilayah Barat dengan 33 kemenangan dan 14 kekalahan.

Sebaliknya bagi Lakers, kekalahan kedua beruntun ini semakin menjauhkan mereka dari peringkat delapan atau batas playoff. Lakers kini tertahan di peringkat sembilan klasemen sementara Wilayah Barat dengan rekor menang-kalah (25-23). Di sisi lain, kekalahan ini juga semakin membuktikan betapa besarnya pengaruh LeBron James dalam tim. Selama 14 laga absen, Lakers hanya mampu meraih lima kemenangan.

Menariknya, James terkena cedera saat melawan Warriors, akhir Desember lalu. Di laga itu, James hanya bermain 21 menit dan mengemas 17 poin plus 13 rebound. Di sisi laga, Lakers yang masih memiliki Rajon Rondo dan Lonzo Ball berhasil menutup laga dengan kemenangan. Di laga hari ini, dua pemain terakhir yang disebut juga tak tampil lantaran cedera.

Selanjutnya, Warriors masih belum akan kembali ke kandang. Mereka akan melanjutkan perjalanan ke Washington untuk melawan Washington Wizards, Kamis malam, 24 Januari 2019, waktu setempat. Sementara Lakers masih akan tinggal di kandang untuk menjamu Minnesota Timberwolves, sehari setelahnya. (DRMK)

Foto: Twitter, @warriors

 

Komentar