IBL

Toronto Raptors melawat ke kediaman Sacramento Kings dalam pertandingan lanjutan NBA 2018-2019. Pada kesempatan itu, Raptors berhasil mencuri kemenangan 114-105 di Golden 1 Center, Sacramento, California, Amerika Serikat, Rabu 7 November 2018 waktu setempat. Kawhi Leonard, forwarda, 27 tahun, menjadi pencetak angka terbanyak di pertandingan ini.

Leonard mencetak dobel-dobel 25 poin dan 11 rebound. Ia mendulang poin dengan memasukkan 41,1 persen tembakan field goal dan tambahan 100 persen tembakan gratis (9/9). Pascal Siakam, forwarda lainnya, lalu menambahkan 21 poin. Sementara itu, Serge Ibaka membukukan dobel-dobel 14 poin dan 14 rebound ketika garda utama Kyle Lowry menyumbang 16 poin dan 8 asis.

Di sisi tamu, Buddy Hield mencetak 24 poin. De’Aaron Fox 20 poin. Willie Cauley-Stein 24 poin, 8 rebound, dan 4 asis. Sayangnya, mereka banyak melakukan pelanggaran yang membuat Raptors mendulang 21 poin dari tembakan gratis dipertandingan ini.

Toronto Raptors memimpin kuarter satu (29-26) meski sempat memulai pertandingan dengan kesalahan koordinasi yang menyebabkan tiga serangan balik (turnover). Sacramento memanfaatkan itu untuk unggul lebih dulu, tetapi Sang Tamu ternyata menyamakan kedudukan 22-22. Lowry dkk. lalu membawa timnya membalikkan keadaan di sisa 1,14 menit dengan koordinasi yang lebih baik, membuat Raptors unggul sampai bel berbunyi.

Saat skor seketat itu, Marvin Bagley III, forwarda Kings, sempat menyamakan kedudukan 33-33 lewat tembakan dua poin. Namun, Raptors yang baru kalah sekali di awal musim ini tentu tidak bisa diremehkan. Menurut indeks kekuatan ESPN saja klub asal Kanada itu berada di peringkat tiga, sementara Kings kini terpaut 20 peringkat dari mereka.

Dengan perbedaan kekuatan sejauh itu, Raptors pun menunjukkan perbedaan kelas mereka dan mencetak 10 poin lebih banyak dari Kings di kuarter dua (35-25). Klub asuhan Nick Nurse tersebut mendapat suntikan poin dari tembakan gratis karena Kings banyak melakukan pelanggaran dengan perbandingan 15/7. Leonard dkk. sedikitnya bisa memanfaat 15 dari 17 tembakan gratis untuk membuat jarak.

Raptors unggul 64-51 di paruh pertama.

Di kuarter tiga, Kings sempat memangkas jarak menjadi hanya tujuh poin (71-78) lewat alley-oop dunk Willie Cauley-Stein. Para penggemar sontak berteriak bahkan berdiri dari duduknya sambil bertepuk tangan.

Kings sebenarnya mendapatkan momentum untuk berada di atas angin karena upaya Cauley-Stein itu, tetapi Raptors mengambil jeda (time out) untuk kembali mengatur permainan mereka. Keputusan Pelatih Nurse itu pun berbuah manis: Raptors berhasil menjaga asa dengan menutup kuarter itu dengan skor 94-78.

Ketika Raptors berusaha memenangkan pertandingan, Kings terus membayangi mereka dengan memangkas ketinggalan lagi menjadi tujuh poin (99-106) di sisa 4,52 menit kuarter empat. Cauley-Stein menjadi momok mengerikan di bawah ring sementara Fox bertahan agresif sampai menyulitkan Lowry di sekitar perimeter. Kings bahkan mencetak lebih banyak poin (27-20) daripada Raptors di kuarter itu. Namun, Leonard dkk. Ternyata mampu memenangkan pertandingan 114-105.

Dengan kemenangan ini, Raptors pun mencetak rekor menang-kalah 11-1. Mereka akan melanjutkan perjalanan di 2018-2019 dengan menyambut New York Knicks. Sementara itu, King (6-4) akan bertemu Minnesota Timberwolves.

Foto: NBA

Komentar