IBL

Pacific Caesar Surabaya menempati peringkat ketujuh di Turnamen Pra-Musim IBL 2018-2019. Di laga perebutan peringkat, 20 Oktober, Pacific menang 70-54 atas Siliwangi Bogor. M. Hardian Wicaksono menjadi aktor kemenangan Pacific dengan torehan 25 poin.

Hardian menjadi faktor kebangkitan Pacific di babak kedua. Sebab di babak pertama, Pacific tertinggal 26-25. Kemudian di babak kedua, Pacific lebih banyak mencetak poin dengan 45-28. Hardian hanya mencetak satu tripoin di babak pertama, tapi di babak kedua ia menambahkan empat tripoin. Selain poin, Hardian juga menambahkan 9 rebound, 2 asis dan 1 steal. Pemain Pacific lain yang mencetak digit ganda adalah Yerikho Tuasela (15 poin) dan M. Wardana (14 poin).

"Di babak pertama, kami kurang konsentrasi. Tetapi di babak kedua kami bisa unggul. Namun saya menyoroti kedewasaan bermain pemain Pacific. Mereka masih kurang tenang, khususnya dalam eksekusi tembakan. Bila sudah berhasil memasukkan lebih dari satu tembakan, justru mereka semakin terburu-buru dalam eksekusi. Seharusnya bisa lebih tenang," kata Kencana Wukir, kepala pelatih Pacific.

Siliwangi sebenarnya mampu mengimbangi permainan Pacific. Terutama di babak pertama. Sebab, Daniel Wenas sudah mencetak 13 poin dari total 19 poin. Sayangnya di babak kedua, Daniel tidak bisa leluasa melepas tembakan karena penjagaan ketat Indra Muhammad. Praktis hanya Teddy Apriana Romadonsyah yang bisa mendulang poin. Di laga ini, Daniel dan Teddy mencetak dobel-dobel. Daniel dengan 19 poin dan 10 rebound sedangkan Teddy menambahkan 11 poin dan 10 rebound. Siliwangi di laga perebutan peringkat harus bermain dengan delapan pemain saja. Kevin Moses Poetiray dan Andrey Ridho Mahardika harus pulang lebih dulu karena cedera.

"Ya mau bagaimana lagi. Saya rotasinya kurang. Dengan kondisi ini, pasti di babak kedua fisik mereka sudah terkuras habis. Tapi yang saya lihat, tim ini sudah menunjukkan perkembangan yang bagus. Masih ada waktu sekitar satu bulan untuk memperbaiki sebelum musim reguler nanti," ucap Kepala Pelatih Ali Budimansyah.

Selanjutnya, pertandingan perebutan peringkat kelima akan berlangsung Minggu, 21 Oktober. Dua tim yang akan bertanding adalah NSH Jakarta dan Bima Perkasa Yogyakarta.(*)

Foto: Hariyanto

Komentar