IBL

Mainbasket 3x3 Indonesia Competition 2018 merupakan turnamen 3x3 untuk SMA dan sederajat. Kompetisi ini merupakan rangkaian Honda DBL 2018 yang berlangsung di 30 kota dan 25 provinsi. Namun untuk Mainbasket 3x3 diadakan di 27 kota. Hingga kini 15 kota sudah terselenggara dengan sukses. Lebih dari 2.000 peserta menjadi peserta kejuaraan ini.

Kompetisi Mainbasket 3x3 menggunakan sistem gugur, sehingga peserta dituntut untuk bermain maksimal di setiap fase pertandingan. Karena tim terbaik yang bisa keluar sebagai juaranya. Jumlah peserta memang tidak dibatasi, setiap sekolah boleh mengirimkan lebih dari satu tim. Hingga kini sudah ada 15 kota penyelenggaran. Berikut daftar kota penyelenggaraan beserta juaranya:

Untuk saat ini ada dua kota penyelenggaraan yang sedang berlangsung yaitu Bogor yang sudah mulai sejak 18 September 2018 lalu hingga 29 September 2018. Sedangkan satu kota yang akan menggelar Mainbasket 3x3 adalah Bandung pada 21 September hingga 5 Oktober 2018 mendatang.

Dari data yang berhasil dihimpun, Mainbasket 3x3 diikuti oleh 571 tim dengan rincian 2.277 pemain. Jumlah ini akan terus bertambah, mengingat masih ada kota-kota lain yang belum terselenggara. Berikut ini kota yang belum terselenggara sekaligus tempat pendaftaran peserta:

Dari 27 kota penyelenggaraan yang sudah direncanakan, hanya ada satu kota yang tidak akan digelar kompetisi ini yaitu Mataram. Masyarakat Mataram dan Lombok pada umumnya, sedang berkabung dan melakukan pemulihan kondisi pasca-gempa.(*)

Foto: Ahmad Nur Aziz dan Ivan Dwi Putra

Komentar