ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno terlihat antusias ketika menerima sepatu lokal dari Azrul Ananda. Sepatu yang diserahkan founder DBL Indonesia itu adalah hasil kolaborasi AZA Wear dan Jackson Shoes, AZA by Jackson.

Azrul menyerahkan sepatu ke Sandiaga ketika diundang di acara The Weekly Brief with Sandiaga Uno. Acara itu digelar di Gedung Sapta Pesona, Kemenparekraf, Senin, 17 Juli 2023.

"Wah ini sepatu baru ya? Saya punya sepatu-sepatu bikinan Mas Azrul sebelumnya," ujar Sandiaga.

Pejabat kelahiran Pekanbaru, Riau itu bahkan langsung mencoba sepatu AZA by Jackson dengan bangganya. Padahal acara itu berlangsung live. Tidak ada sesi Sandiaga mencoba sepatu dalam rundown yang disiapkan pantiia. Pria yang pernah menjadi Wakil Gubernur DKI Jakarta juga harusnya diburu waktu untuk melanjutkan ke acara berikutnya.

"Luar biasa ini, kita harus bangga dengan produk lokal," kata Sandi yang langsung mengajak Azrul Ananda foto bersama dengan sepatu tersebut.

Azrul dan Sandiaga Uno memang teman lama. Kebetulan mereka sejak lama pula punya semangat bangga menggunakan merek lokal.

Bahkan, Azrul diundang Sandi juga berkaitan dengan produk lokal. Azrul baru saja mensupport cyclist Indonesia Dzaki Wardana mengikuti event ultra cycling paling bergengsi di Amerika Serikat, Trans Am Bike Race (TABR) 2023.

Di event itu, Dzaki Wardana bersepeda sejauh 6.720 km -membelah pantai barat ke pantai timur Amerika Serikat- menggunakan sepeda road bike merek lokal milik Azrul Ananda, Wdnsdy Journey KS. Dengan sepeda merek lokal itu, Dzaki bisa finis Top 5 di antara 46 peserta dari seluruh dunia. Ia menyelesaikan tantangan ekstrem itu dalam 20 hari.

Sandiaga bangga dengan capaian itu. Dzaki dan Azrul Ananda diundang ke Kemenparekraf. Dihadirkan pula brand-brand lokal lain yang juga mensupport perjalanan Dzaki. Antara lain SUB Jersey, Antangin, Herba Mojo, dan Strive.

Sandiaga Salahuddin Uno, sebelum menjadi Menparekraf memang rajin menggerakan orang-orang menggunakan produk dalam negeri. Ia aktif mengkampanyekan #localpride. 

Sebelum menjadi menteri, Sandiaga Uno juga sempat mendatangi kantor DBL Indonesia untuk mencari sepatu lokal, 1 Februari 2020. Saat itu Sandi menjatuhkan pilihan kepada dua pasang sepatu DBL Fundamental. Sepatu itu 100 persen buatan Indonesia.

"Ini sepatu basket pertama saya yang local pride. Mulai hari ini saya akan meninggalkan merek-merek asing," tegas Sandi kala itu.


Sandi Uno mencoba sepatu DBL Fundamental, 1 Februari 2020 silam.

Baca juga: Gencar Mengampanyekan Produk Lokal, Sandiaga Uno Nyaman Gunakan Sepatu DBL

Tak sampai di situ, ketika baru menjadi menteri, Sandi dengan bangga mengenalkan produk sepatu Aza Wear lainnya, yakni AZA 6.9. Momen itu terjadi ketika Azrul Ananda mendapat undangan khusus dari Kemeparekraf, Kamis 4 Februari 2021.

Dalam kesempatan itu, Azrul Ananda membahas soal potensi sports tourism (pariwisata olahraga) dan potensi kreatif anak muda Indonesia.

Mendapatkan pemaparan dari Azrul, Sandi terkesan dan langsung mengunggah pertemuannya dengan Azrul Ananda lewat akun Instagram pribadinya.

Dalam unggahannya, Sandiaga Uno secara khusus kagum dengan terobosan DBL Indonesia, yang bisa meluncurkan sepatu lokal berkualitas AZA 6.9. "Hari ini saya kedatangan founder dari @dblindonesiaofficial, Mas Azrul Ananda. Kami membahas potensi sports tourism (pariwisata olahraga) dan potensi kreatif anak muda Indonesia," tulis Sandiaga.

Sandiaga merasa DBL Indonesia telah menjadi perusahaan pengembangan anak muda yang berfokus pada pengembangan pemimpin masa depan Indonesia melalui olahraga dan hiburan.

"Dan, hari ini Mas Azrul juga membawa sepatu karya anak bangsa, yakni AZA 6.9. @kemenparekraf.ri siap men-support, bukan hanya dalam mencetak pelaku ekonomi kreatif muda yang berkualitas, tetapi juga membantu mengangkat karya-karya mereka sehingga mampu membuka banyak lapangan kerja," terang menteri yang punya hobi olahraga basket dan lari itu.

Baca Juga: Azrul Ananda Serahkan Sepatu AZA 6.9 Pertama untuk Menparekraf Sandiaga Uno

Nah, sepatu yang diterima Sandiaga kali ini adalah AZA by Jackson Black Series-Classic Edition. Black Series-Classic Edition merupakan salah satu dari lima series sepatu AZA by Jackson hasil kolaborasi AZA Wear dan Jackson Shoes.

Sepatu tersebut memiliki tema all black dengan desain simple dan sporty. Meskipun sporty, corak outsole berwarna gold dalam desain sepatunya juga membuat tampilannya lebih mewah.

Selain Classic Edition, AZA by Jackson juga mengeluarkan empat edisi lainnya. Yakni Signature Edition, Beast Edition, Scrappy Player Edition dan Alessi Edition. Dengan semangat ‘Semua Bisa’, sepatu AZA mengawali misi besarnya untuk breaking the barriers. Semangat itu diharapkan mampu mengantarkan anak Indonesia mengejar mimpi dan meruntuhkan segala penghalangnya.

AZA by Jackson Black Series telah digunakan oleh Tim KFC DBL  All-Star yang telah berangkat ke AS untuk klinik basket di Chicago. Produk AZA by Jackson Black Series ini bisa didapatkan dengan di AZA Wear flagship di Surabaya, maupun secara online di azawear.com, dan e-commerce lainnya.(*)

Saksikan video lengkapnya Sandiaga Uno ketika menerima sepatu AZA by Jackson di acara The Weekly Brief with Sandiaga Uno.

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIER
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY