ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

KFC DBL Indonesia All-Star 2023 memiliki misi berlatih, belajar, dan bertanding di Amerika Serikat. Kota Chicago jadi pilihan untuk tahun ini. Ini juga jadi kali pertama skuad DBL All Star mengunjungi Chicago sejak program ke Amerika Serikat dimulai pada 2010. 

Sudah menjalani dua misi pertama, KFC DBL Indonesia All-Star 2023 akan memulai misi terakhirnya. Ya, KFC DBL Indonesia All-Star 2023 akan bertanding pada 7 hingga 9Juli nanti di turnamen bernama Chicago Summer Jam di area Northbrook. 

Chicago Summer Jam adalah turnamen musim panas tahunan yang ditujukan untuk pemain-pemain kelompok usia muda. Turnamen ini dibagi pada dua kelompok usia untuk putra. Dimulai dari kelas 3 Sekolah Dasar (SD) sampai kelas 8 (SMP). Lalu kelompok usia kedua yakni kelas 9-12. Di nomor putri, hanya ada satu kelas yakni kelas SMA (9-12). 

Chicago Summer Jam juga mengharuskan setiap anggota tim untuk masuk dalam portal NCAA. Artinya, seluruh bagian KFC DBL Indonesia All-Star 2023 masuk dalam database untuk NCAA. Bahkan, pelatih dan ofisial harus melakoni pelatihan lebih dulu untuk bisa mendapatkan izin turun melatih dan bertugas di Chicago Summer Jam. 

"Kita harus menjalani pelatihan yang cukup panjang secara daring (online)," terang Sani Wulandari, pelatih tim putri asal SMA PSKD 1 Jakarta. "Tapi menarik, pelatihannya malah tidak banyak basketnya. Ada kelas tentang perundungan (bullying), sexual education, hingga menangani orang tua pemain," imbuhnya. 

Baca Juga: Jelang Chicago Summer Jam, Skuad All-Star Pertajam Skill Lewat Scrimmage Game

Bentuk keseriusan Chicago Summer Jam sebagai sebuah turnamen juga bisa dilihat dari sejarah mereka. Total sudah ada 300 tim yang pernah berpartisipasi di turnamen ini dari 36 negara bagian Amerika Serikat dan 7 negara di luar Amerika Serikat. Indonesia akan jadi negara kedelapan yang turut serta di sini. 

Turnamen ini juga yang membuat beberapa pemain NBA mendapatkan sorotan pertama mereka, utamanya yang asli Chicago seperti Anthony Davis, Jabari Parker, Jahlil Okafor, Darius Garland, Ayo Dosunmu, Talen Horton-Tucker, hingga pemain Boston Celtics asal St. Louis, Jayson Tatum. 

Di lain sisi, Chicago Summer Jam juga akan membuka peluang untuk para pemain KFC DBL Indonesia All-Star 2023 mendapatkan tawaran kuliah di sini. Pasalnya, turnamen ini memang kerap didatangi para pemandu bakat (talent scouting) untuk kampus yang mengikuti NCAA di berbagai divisi. Di turnamen tahun ini saja, sudah ada beberapa kampus yang mengirim pemandu bakat mereka. Berikut daftar kampus yang sudah memastikan diri hadir. (*)

- Benedictine University (Illinois)

- California State University, Monterey Bay College of Lake Country

- Kankakee Community College

- Lincoln University (Missouri)

- Parkland College

- Southwestern Michigan College

- University of Minnesota, Twin Cities

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIER
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY