ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Tim putra SMA Xaverius 1 Jambi adalah juara baru di Honda DBL with KFC 2022-2023 Jambi Series. Kepastian itu didapat setelah berhasil comeback atas SMA Bina Kasih dan menang 60-58 di partai final, Jumat 3 Februari 2023, di GOR Kotabaru, Jambi.

Bina Kasih harus kerja ekstra di partai ini. Penjagaan mereka untuk sekaliber Xaverius 1 tidak begitu mulus. Sebaliknya, agresivitas anak-anak Bina Kasih justru menjadi pedang bagi mereka sendiri.

Jika saja Denneilsen Reynold tidak dijatuhkan foul ketika menjaga Pimpin Jaya, maka Bina Kasih masih mempunyai keunggulan untuk menang. Saat itu, Bina Kasih unggul 55-54 saat kuarter empat tersisa kurang dari satu menit. Pimpin Jaya dihadiahi dua tembakan gratis dan berhasil dieksekusi dengan baik.

Bersambut tambahan dua poin yang dilesatkan oleh Christian Lukmana dari hasil defensive rebound Nicholas. Xaverius 1 berhasil melaju hingga 58-55. Lagi-lagi, Pimpin Jaya kembali berhasil memasukkan dua tembakan gratis dan membuat Xaverius 1 kian berjarak dengan Bina Kasih.

Poin yang didapat oleh Ryen Septvier dari dalam garis tripoin satu detik sebelum buzzer berbunyi tidak dapat membawa Bina Kasih menemukan keunggulan mereka lagi. Xaverius 1 berhasil mematahkan langkah Bina Kasih untuk meraih gelar di laga ini dengan merebut kembali dominasi mereka. Semula, Xaverius 1 memang unggul di kuarter pertama.

Sebelum akhirnya Bina Kasih mulai mengejar lewat serangan efektifnya di kuarter kedua. Tambahan 9 poin di kuarter kedua dari Bina Kasih membuat mereka unggul setengah bola atas Xaverius 1. Sisa kuarter berikutnya, skor kedua tim tidak pernah berjarak lebih dari tiga poin. Meski begitu, Bina Kasih masih memegang kendali dengan memimpin skor.

Pimpin Jaya yang menjadi andalan Xaverius 1 mencetak dobel-dobel dengan melepaskan 30 poin dan 11 rebound. Joshua Albert Tan memberi bantuan berarti dalam rebound dengan total 9 poin dan 16 rebound.

Tekanan dari Bina Kasih sebetulnya cukup membuat Xaverius 1 kesulitan di partai puncak ini. Xaverius 1 hanya memasukkan 21/84 percobaan tembakan atau setara 24 persen. Tidak lebih baik juga tembakan dari luar garis tripoin yang hanya berhasil 1/20 percobaan atau 5 persen. 

Sementara Bina Kasih lebih baik dengan melepaskan 23/75 atau 30 persen. Bina Kasih memasukkan 10/27 tembakan gratis, setara 37 persen. Seluruh pemain inti Bina Kasih berkontribusi untuk tim. Hanya satu pemain yang tidak mencetak dua digit poin.

Felix menjadi tumpuan tim dengan 16 poin dan 16 rebound. Novansdi Alfanso mencatat 13 poin dan 8 rebound. Denneilsen Reynold juga mencetak dobel-dobel, 11 poin dan 16 rebound. Ryen Septvier melengkapi Bina Kasih dengan 11 poin dan 6 rebound. 

Kemenangan Xaverius 1 di DBL Jambi ini berhasil menambah daftar trofi mereka. Ini merupakan kemenangan kelima untuk Xaverius 1 di DBL Jambi. Terakhir, Xaverius 1 berhasil menjadi juara DBL Jambi di tahun 2016. (*)

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIER
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY