ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Tim putri SMAN 3 Kota Jambi berhasil back-to-back champion atau gelar kedua berturut-turut di Honda DBL with KFC 2022-2023 Jambi Series, Jumat 3 Februari 2023. Netco (julukan SMAN 3 Kota Jambi) menang 53-45 atas SMAN 6 Merangin, di GOR Kotabaru, Jambi.

Smansix (julukan SMAN 6 Merangin) memberikan perlawanan berarti untuk Netco. Mereka tidak ingin kehilangan kesempatan sejak kuarter pertama. Saling balas poin terjadi sejak tip off dilaksanakan dan membawa Smansix hanya selisih satu bola (15-13) atas Netco di kuarter satu.

Hingga kuarter kedua, sebenarnya jarak poin tidak begitu jauh. Netco mampu menjaga keunggulan mereka sampai kuarter kedua usai. Alithia Ruthika masih menjadi andalan timnya. Ia membawa Netco melaju 17 poin di kuarter ketiga. Itu sekaligus mengantar Netco unggul 8 poin dari Smansix. 

Alithia Ruthika masih menjadi bintang Netco dengan dobel-dobel. Ia melepaskan 44 poin dan 17 rebound. Meski begitu, catatan turnovernya masih tinggi dengan 11 kali turnover. "Alithia itu benar-benar bisa memimpin tim dengan baik. Dia selalu hustle dan merasa kurang setiap latihan. Makanya kerja kerasnya bisa membuat dia lebih menonjol dan berperan penting untuk tim," komentar Selvy Dwi Lestari, pelatih Netco, terhadap performa Alithia di final ini.

Netco sukses meredam perlawanan dari forwarda andalan Smansix. Serangan dari Penny Tri Julianda dapat ditepis dengan mudah. Bahkan, sulit bagi Penny untuk mengeksekusi bola dengan baik. Penny hanya memasukkan 1/12 bola dan 1/16 tembakan gratis. Penny hanya melesatkan 3 poin. Berbeda dengan babak fantastic four lalu yang nyaris dobel-dobel dengan memasukkan 13 poin dan 9 rebound.

Meski begitu, Augie Syahida dan Azzahra Ramadhani berhasil mengambil peran dengan melepaskan dua digit. Augie mencatat dobel-dobel, 19 poin dan 17 rebound. Azzahra nyaris dobel-dobel dengan 13 poin dan 9 rebound.

"Memang agak ketat, ya, tadi skornya. Tapi anak-anak sudah berjuang dengan baik. Akhirnya mereka bisa dapat kemenangan dan raih gelar juara lagi. Di tahun depan, pastinya kita akan kembali dengan materi pemain baru yang lebih fresh dan tentu targetnya pertahankan gelar lagi," ungkap Selvy.

Sebagai tambahan informasi, ini merupakan tahun terakhir bagi Alithia Ruthika untuk bertanding di DBL Jambi. Alithia sendiri yang terpilih menjadi MVP sekaligus First Team DBL Jambi tahun ini akan kembali menjalankan pemusatan latihan di DBL Camp mendatang bersama campers lainnya. Sebelum diseleksi menjadi KFC DBL Indonesia All-Star tahun ini. (*)

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIER
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY