IBL

NBA All-Star 2021 akan berlangsung pada Minggu, 7 Maret waktu setempat di State Farm Arena, Atlanta, yang menjangkau penggemar di 215 negara dan wilayah dengan lebih dari 50 bahasa melalui televisi, komputer, ponsel dan tablet. Ini kali ketiga Atlanta menjadi tuan rumah perayaan bola basket dunia tahunan yang diselenggarakan oleh NBA. Siaran NBA All-Star oleh TNT di Amerika Serikat akan dimulai pada pukul 17.00 waktu setempat dengan TNT NBA Tip-Off yang dipersembahkan oleh CarMax.

Acara akan dilanjutkan dengan Taco Bell® Skills Challenge dan MTN DEW® 3-Point Contest, yang dapat disaksikan di Indonesia melalui Champions TV 3 pada hari Senin, 8 Maret pukul 06.30 WIB. Sementara itu, NBA All-Star Game akan dimulai pada pukul 08.00 WIB, dapat disaksikan juga melalui Champions TV 3, dengan selingan acara AT&T Slam Dunk saat jeda halftime. Siaran ESPN Radio di Amerika Serikat akan dimulai pada pukul 19.00 waktu setempat.

Berikut NBA All-Star 2021 dalam fakta dan angka:

NBA All-Star Game

4 - Chris Paul dari Phoenix Suns adalah pemain ketiga yang terpilih sebagai pemain All-Star dengan empat tim berbeda, bergabung dengan Moses Malone dan Shaquille O’Neal. 

9 - Paul George dari LA Clippers membuat rekor sembilan three-pointers dari total 41 poin di NBA All-Star 2016, saat dirinya masih bermain untuk Indiana Pacers.

17 - LeBron James dari Los Angeles Lakers telah terpilih sebagai NBA All-Star sebanyak 17 kali, ketiga terbanyak dalam sejarah liga setelah Kareem Abdul Jabbar (19) dan Kobe Bryant (18). James juga telah dipastikan akan memulai pertandingan All-Star ke-17 secara berturut-turut.

20 - Di usia 20 tahun, Zion Williamson dari New Orleans Pelicans akan menjadi pemain termuda keempat yang pernah bertanding di pertandingan NBA All-Star setelah Kobe Bryant, James, dan Magic Johnson.

27,3 - Giannis Antetokounmpo dari Milwaukee Bucks memiliki rata-rata skor tertinggi dalam sejarah pertandingan NBA All-Star dengan 27,3 poin per pertandingan.

70 - Ini adalah pertandingan NBA All-Star ke-70. Pertandingan ini telah berlangsung sejak

385 - LeBron James mencetak skor terbanyak dalam sejarah pertandingan NBA All-Star dengan 385

424.951 – NBA All-Star Voting 2021, yang dipersembahkan oleh AT&T, mencapai rekor dalam jumlah pemungutan dalam satu hari, dengan 7.424.951 penggemar ikut serta pada 28 Januari.

 

NBA All-Star di Atlanta

3 - Ini adalah kali ketiga Atlanta menjadi tuan rumah pertandingan NBA All-Star. Atlanta menjadi tuan rumah pertandingan All-Star untuk kali pertama pada 1978 dan kali kedua pada 2003.

27 - Randy Smith dari Buffalo Braves mencetak 27 poin dan mengantarkan tim Wilayah Timur meraih kemenangan melawan tim Wilayah Barat dengan skor 133-125 pada 1978, kali pertama NBA All-Star diselenggarakan di Atlanta.

300 - Kedua tim mengumpulkan 300 poin pada pertandingan NBA All-Star tahun 2003 di Tim Wilayah Barat mengalahkan tim Wilayah Timur dengan skor 155-145 pada satu-satunya pertandingan yang memerlukan dua kali overtime sepanjang sejarah NBA All-Star. Kevin Garnett mencetak 37 poin, terbanyak dalam pertandingan NBA All-Star, dan Michael Jordan mencetak 20 poin di pertandingan final NBA All-Star. 

 

NBA All-Star Entertainment

7 - Gladys Knight, peraih tujuh penghargaan GRAMMY® Award, akan menyanyikan lagu kebangsaan Amerika Serikat di NBA All-Star 2021.

 

NBA All-Star di Seluruh Dunia

2 - Dua pemain internasional terpilih sebagai NBA All-Star MVP: Tim Duncan (Amerika Serikat, Kepulauan Virgin; 2000) dan Kyrie Irving (Australia, 2014)

4 - Joel Embiid (Philadelphia 76ers; Kamerun) adalah satu dari empat pemain kelahiran Afrika yang pernah terpilih setidaknya empat kali untuk All-Star, termasuk Dikembe Mutombo (Republik Demokratik Kongo), Steve Nash (Afrika Selatan) dan Hakeem Olajuwon (Nigeria).

6 - Enam pemain All-Star berasal dari Eropa, terbanyak hingga saat ini: Antetokounmpo (Yunani), Luka Dončić (Dallas Mavericks; Slovenia), Rudy Gobert (Utah Jazz; Prancis), Nikola Jokić (Denver Nuggets; Serbia), Domantas Sabonis (Indiana Pacers; Lithuania), dan Nikola Vučević (Orlando Magic; Montenegro).

9/5 - Rekor sembilan pemain internasional All-Star – lima di antaranya terpilih untuk menjadi starter pada pertandingan All-Star tahun ini. Sembilan pemain internasional dalam All-Star tahun ini adalah Antetokounmpo, Dončić, Embiid, Gobert, Irving, Jokić, Sabonis, Ben Simmons (76ers; Australia) and Vučević.

14 - Empat belas pemain internasional aktif telah dipilih sebagai pemain All-Star sepanjang karir mereka.

 

NBA All-Star di TNT

7 - Tim penyiar TNT, yang terdiri atas Marv Albert, Reggie Miller dan Chris Webber, akan menyiarkan pertandingan All-Star untuk ketujuh kali berturut-turut.

8 - Para analis - Shaquille O’Neal (3), Isiah Thomas (2), Charles Barkley (1), Dwyane Wade (1) dan Candace Parker (1) - secara bersama-sama telah meraih total delapan gelar All-Star MVP di NBA dan WNBA.

19 - TNT akan mempersembahkan pertandingan NBA All-Star untuk tahun ke-19 secara berturut-turut. 

 

NBA All-Star di ESPN Radio

25 - ESPN Radio akan menyiarkan pertandingan NBA All-Star untuk ke-25  

 

Dukungan untuk HBCU dan Upaya Penegakan Kesetaraan dalam Penanganan COVID-19 

9 - Selama pertandingan, anggota Divine Nine, kelompok mahasiswa bergengsi dari sembilan organisasi alfabet Yunani Hitam (Black Greek) akan memperkenalkan step teams dari Spelman College dan Morehouse College.

37 dan 47 - Sebagai bagian dari format pertandingan tahun ini, kedua tim All-Star akan bertanding untuk mewakili Thurgood Marshall College Fund (yang terdiri atas 47 Historically black colleges and universities/HBCU yang menerima bantuan dana dari masyarakat) atau United Negro College Fund/UNCF (yang terdiri atas 37 perguruan tinggi) sebagai penerima bantuan, yang akan memberikan beasiswa untuk murid-murid HBCU agar dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi. 

101 - Mahasiswa yang mewakili 101 HBCU dari seluruh Amerika Serikat akan menjadi penggemar yang menyaksikan NBA All-Star secara virtual

400 - Goodr NBA All-Star Grocery Pop-Up, yang dipersembahkan oleh Kaiser Permanente, akan memberi bantuan bagi 3.400 keluarga yang membutuhkan, di Metro Atlanta dengan menyediakan bahan makanan dan kebutuhan rumah tangga secara gratis.

2,5 juta - Sebagai bagian dari acara tahun ini, NBA dan National Basketball Players Association akan memberikan bantuan lebih dari 2,5 juta dolar AS dalam bentuk dana dan sumber daya lain kepada Perguruan Tinggi dan Universitas Kulit Hitam (HBCU), dan mendukung serta meningkatkan kesadaran terhadap keadilan pada akses untuk perawatan, bantuan dan vaksin untuk COVID-19.

 

AT&T Slam Dunk

3 - Nate Robinson adalah satu-satunya pemain yang meraih gelar juara Slam Dunk sebanyak tiga kali (2006, 2009, 2010)

4 - Atlanta Hawks (Dominique Wilkins: 1985, 1990; Spud Webb: 1986; Josh Smith: 2005) dan New York Knicks (Kenny Walker: 1989; Nate Robinson: 2006, 2009, 2010) memiliki kedudukan sama, masing-masing memegang empat gelar juara Slam Dunk.

5 - Wilkins (1984, 1985, 1986, 1988, 1990) dan Clyde Drexler (1984, 1985, 1987, 1988, 1989) memegang rekor terbanyak untuk penampilan Slam Dunk, masing-masing dengan lima

7 - Lima juri Slam Dunk tahun ini (Dee Brown, Jason Richardson, Josh Smith, Spud Webb, dan Dominique Wilkins) telah memenangkan total tujuh gelar Slam Dunk.

18 - Kobe Bryant adalah pemain termuda yang menjadi juara kontes Slam Dunk di usia 18 pada 1997.

44 - Cassius Stanley mencetak lompatan vertikal tertinggi, yakni 44 inci (111,76 cm), di NBA Draft Combine 2020, menyamai rekor ketiga tertinggi sejak tahun 2000.

 

MTN DEW® 3-Point Contest

1 - Di babak terakhir, dua pesaing akan melakukan masing-masing satu dunk. Pemenang akan ditentukan berdasarkan atas “Pilihan Juri”, bukan atas skor individu. Juri akan memilih pemenang dengan menunjukkan sebuah kartu dengan nama pemain.

3 - Kontes 3-point akan menampilkan dua tembakan dari “MTN DEW Zone”, masing-masing bernilai tiga

6 - Enam pemain Kontes 3-Point “MTN DEW® tahun ini akan terdiri atas pemain yang tampil di pertandingan NBA All-Star - Devin Booker dari Phoenix Suns, Stephen Curry dari Golden State Warriors, Jaylen Brown dan Jayson Tatum dari Boston Celtics, Zach LaVine dari Chicago Bulls dan Donovan Mitchell dari Utah Jazz – kali pertama dalam sejarah kontes ini.

7 - Steph Curry, juara tahun 2015, akan ikut serta untuk kali ketujuh, menyamai rekor Dale Ellis sebagai peserta kedua terbanyak yang telah tampil dalam kontes ini, setelah Craig Hodges (delapan). Curry telah tampil dalam pertandingan NBA All-Star sebanyak tujuh kali, memimpin liga dengan 164 three-pointers pada musim ini. Dia juga memegang rekor satu musim untuk 3-pointers (402 pada musim 2015-16), dan menduduki peringkat kedua untuk jumlah 3-pointers secara total (2.659).

 

Taco Bell® Skills Challenge

2 - Steve Nash dan Dwyane Wade adalah peserta yang telah meraih gelar juara di Taco Bell® Skills Challenge sebanyak dua kali, rekor yang belum terpecahkan pemain lain hingga saat ini.

5 - Chris Paul dari Phoenix Suns telah bermain 11 kali di NBA All-Star. Ini penampilan kelimanya di Taco Bell® Skills Challenge rekor tertinggi hingga saat ini, dan penampilan pertamanya sejak 2011.

2013 - Robert Covington, yang bergabung dengan NBA pada 2013, kuliah di Tennessee State, sebuah Perguruan Tinggi dan Universitas Kulit Hitam (HBCU), di Nashville. (*)

Sumber berita dan foto: Rilis NBA Indonesia

Komentar