IBL

Timnas Basket Putra Indonesia dengan memakai nama Pelita Jaya Basketball Club akan berlaga di Kualifikasi FIBA Asia Champions Cup 2018 Wilayah Asia Tenggara (SEABA). Tim yang dipimpin oleh Fictor Gideon Roring tersebut akan bertolak ke Nonthaburi, Thailand, hari Minggu, 6 Mei 2018. Dari 14 pemain seleksi, terpilih 10 pemain lokal yang akan dibawa. Sementara dua pemain asing yang akan memperkuat tim ini adalah Jaleel Roberts dari Amerika Serikat dan Adrian Forbes asal Jamaika.

Baca Juga: Pelita Jaya Mengikuti Kualifikasi FIBA Asia Champions Cup 2018

Sebelumnya, 25 April lalu, ada 14 pemain yang mengikuti seleksi. Akhirnya diputuskan empat nama yang dinyatakan tidak lolos yaitu Respati Ragil Pamungkas, Adhi Pratama Putra, Kaleb Ramot Gemilang dan Jamarr Andre Johnson. Ragil masuk seleksi setelah M. Saroni tidak bisa hadir lantaran cedera.

Sementara itu 10 nama yang akan dibawa ke Thailand yaitu Andakara Prastawa Dhyaksa, Abraham Damar Grahita, Xaverius Prawiro, Valentino Wuwungan, Arki Dikania Wisnu, Kevin Yonas Argadiba Sitorus, Juan Laurent Kokodiputra, Avan Seputra, Sandy Febriansyakh dan Firman Dwi Nugroho.

"Adhi masih merasakan ganjalan pada cederanya, sementara Jamarr, status pemain naturalisasi ternyata dihitung sebagai pemain asing. Tapi kami sudah menyiapkan pemain asing," kata Kepala Pelatih Fictor Gideon Roring.

Tim ini juga diperkuat dua pemain asing yaitu Jaleel Roberts dan Adrian Forbes. Jaleel adalah pemain asli Amerika Serikat yang biasa beroperasi sebagai senter. Terakhir, pemain setinggi 2,13 meter bermain untuk tim San Carlos, Republik Dominika. Ia bermain sebanyak 12 pertandingan dengan rata-rata mencetak 6,4 poin dan 6,2 rebound. Pemain kelahiran 14 Oktober 1992 ini pernah tampil bersama Washington Wizards di NBA Summer League 2015. Lalu pada September 2016 ia menandatangani kontrak dengan Milwaukee Bucks. Tetapi setelah melakoni lima pertandingan pra-musim, Roberts dilepas ke Santa Cruz Warriors.

Pemain asing lainnya yang bergabung yaitu Adrian Forbes asal Jamaika. Terakhir ia tampil satu pertandingan bersama NLEX Road Warriors Filipina, 28 April lalu di PBA Commissioner's Cup 2018. Timnya kalah telah 103-123 dari Columbian Dyip, tapi Forbes bisa mencetak 26 poin, 17 rebound dan lima blok. Pemain dengan tinggi badan 2,11 meter itu juga pernah memperkuat timnas Jamaika empat tahun lalu.

"Tujuan kami ke Thailand, selain mematangkan tim, kami juga berusaha untuk menang di setiap pertandingan," tegas Ito, sapaan akrab Kepala Pelatih Timnas Indonesia.

Kualifikasi Asia Tenggara SEABA FIBA Asia Champions Cup 2018 diikuti empat tim. Selain Pelita Jaya, ada Red Baron Malaysia, Singapura Xin Hua SC dan Mono Vampire Basketball Club Thailand. Turnamen ini akan berlangsung mulai 8 hingga 10 Mei 2018.(*)

Foto: gettyimages dan PBA.ph

Komentar